Home » INFO KESEHATAN » Demam pada Anak Harus Segera Ditangani sebelum Terlambat???

Demam pada Anak Harus Segera Ditangani sebelum Terlambat???

Secara umum, demam bisa diartikan sebagai keadaan suhu tubuh diatas normal sebagai akibat peningkatan pusat pengatur suhu di hypothalamus. Peningkatan suhu tubuh yang tidak diatur, disebabkan ketidakseimbangan antara produksi dan pembatasan panas.

Ketika menyampaikan penyuluhan, dr. Faisal Husein, Sp.A di depan pos BPJS RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh menjelaskan tentang demam pada anak. Penyuluhan dilaksanakan sebagai agenda rutin setiap Senin pagi di lingkungan Rumah Sakit. 

Dokter anak asal Palembang ini menjelaskan bahwa demam adalah hal yang paling sering dikeluhkan dan dicemaskan oleh orang tua. 

“Sejak bayi mulai lahir hingga menjelang remaja, demam adalah aktifitas kondisi tubuh yang paling sering dikeluhkan dan dicemaskan para orang tua,” jelas dr. Faisal Husein.

Selanjutnya dr. Faisal menjelaskan apa yang harus dilakukan saat anak mengalami demam. Tujuannya adalah untuk menurunkan suhu tubuh. Anak yang sedang mengalami demam wajib beristirahat, dikurangi aktifitas fisiknya. Selanjutnya adalah menjaga suhu ruangan agar suhu tubuh yang sudah tinggi tidak malah ditambah suhu ruangan yang gerah dan panas. 

Anak yang sedang demam harus memperbanyak konsumsi cairan. “Kalau anak malas minum air, siasati dengan cairan yang anak suka seperti sup, jus, atau es krim,” dr Faisal memberi trik. 

Jika terjadi diare, dr Faisal menyarankan agar orangtua lebih waspada dan memberi anak cairan yang mengandung elektrolit. Segera beri minum oralit atau pedyalite untuk segera mengganti cairan tubuh yang hilang. Jika terlambat, anak akan mengalami dehidrasi dan suhu tubuh akan semakin tinggi. Resiko yang tidak diinginkan bisa terjadi kapan saja jika terlambat atau mengantisipasi.

Selanjutnya, biarkan anak makan apa yg diinginkan. Saat demam biasanya anak kurang nafsu makan, sehingga saat anak mau makan apapun yang dia inginkan, berikan saja. Makanan berguna agar tubuh anak tetap mendapat asupan energi.

Kompreslah anak dengan air hangat, bukan air dingin. Kompres dengan air dingin menyebabkan penurunan suhu tubuh secara ekstrim. Hal ini berbahaya karena bisa mengakibatkan rusaknya syaraf dan jaringan tubuh.

Terakhir, jika memang dianggap perlu anak segera diberi obat penurun panas atau Obat Antipiretik yang banyak dijual bebas di pasaran. Pastikan dosis yang berikan tepat. Jangan sampai orang tua karena terlalu khawatir malah memberi obat antipiretik melebihi dosis. 

Antipiretik yang ideal itu harus cepat dan efektif menurunkan demam, tersedia dalam bentuk cairan dan supositoria. Selain itu antipiretik haruslah memiliki efek samping yang rendah, toksisitas rendah jika overdosis. Antipiretik juga harus interaksi dengan obat lain rendah, kontraindikasi jarang terjadi. 

Dari semua kriteria antipiretik yang disebutkan tersebut, dr. Faisal menyarankan agar para ibu menyediakan antipiretik parasetamol dan ibuprofen. Masalah mereknya, terserah tutup dokter anak ini.

 

Dr. Faisal S.PA Mempresentasikan Materi Demam Pada Anak

 

Foto Bersama Panitia dan Pemateri

 

Drg. Desi Maulia Membuka Acara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs Kebanggaan Masyarakat Meulaboh