Home » INFO KESEHATAN » Kopi Membantu Mengurangi Resiko Kanker Melanoma

Kopi Membantu Mengurangi Resiko Kanker Melanoma

Para penggemar kopi tampaknya makin menemukan alasan untuk meneruskan hobi mereka dalam menikmati minuman berkafein tersebut, setelah hasil penelitian terakhir di Amerika mengindikasikan bahwa mengkonsumsi kopi juga mampu mereduksi resiko terjangkit melanoma. Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti dari National Institute of Health (NIH) dan Yale School of Public Health dan menurut mereka semakin banyak kopi yang dikonsumsi, semakin kecil kemungkinan seseorang terjangkit melanoma.

Penelitian tersebut melibatkan 447.357 orang yang didapatkan berdasarkan data dari NIH mengenai study tentand diet dan kesehatan. Ratusan orang tersebut diminta untuk melakukan kuisoner mengenai frekwensi makan pada awal penelitian, sebelum kemudian mereka diamati selama sekitar 10.5 tahun dan dalam periode tersebut diketahui bahwa sebanyak 2.905 partisipan mengembangkan gejala melanoma. Dari penelitian mereka tersebut para ahli menemukan bahwa semakin banyak kopi yang dikonsumsi oleh para partisipan, semakin kecil kemungkinan mereka terkena melanoma tersebut.

Walaupun study tersebut secara tidak langsung memberikan banyak alasan bagi masyarakat untuk rajin meminum kopi, tetapi Erikka Loftfield, ahli dari National Cancer Institute, mengingatkan bahwa hasil penelitian tadi sama sekali tidak mengindikasikan bahwa seseorang harus meningkatkan frekuensi mereka dalam menikmati kopi. Menurut Loftfield lagi, metode yang paling essential bagi seseorang untuk menghindari kanker kulit adalah mengurangi ekspos terhadap sinar Ultra Violet dan matahari.

Selain itu, meski telah banyak study yang menyatakan bahwa menimum kopi banyak memberikan hasil yang positif bagi kesehatan, kita jangan melupakan bahwa bahan utama dari minuman tersebut adalah kafein. Seperti yang diketahui, kafein adalah stimulan yang mampu membuat orang terkena beberapa gangguan kesehatan seperti, insomnia, resah, detak jantuk yang semakin cepat, gangguan pada pencernaan dan lainnya. Mengingat hal tersebut, ada baiknya bahwa pecinta kopi tetap mengatur jumlah yang mereka minum tiap harinya, sehingga bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dibandingkan efek negatif dari kopi.

Sumber: Medical News Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs Kebanggaan Masyarakat Meulaboh