Home » SOSIALISASI » Haid Terlalu Dini Bisa PICU Terjadinya Kanker Payudara

Haid Terlalu Dini Bisa PICU Terjadinya Kanker Payudara

RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh Senin (18/09) lalu melakukan penyuluhan tentang penyakin kanker payudara kepada masyarakat. Pengetahuan yang lebih baik tentang penyakit ini diharapkan mampu mengurangi resiko terjangkiti dan sekaligus mengantisipasinya.
Dalam pemaparannya, dr. Said Fuadi, M.Ked (Surg)., Sp.B menjelaskan bahaya yang selalu mengintai setiap wanita dewasa di Indonesia. Pola hidup yang tidak sehat, menjadi faktor utama pemicu timbulnya sel kanker khususnya kanker payudara. Selain itu, dr Said mengingatkan para remaja putri untuk mewaspadai siklus haid yang tidak teratur. Haid yang terlalu dini ternyata bisa menjadi faktor pemicu hadirnya sel kanker payudara.
“Haid yang terlalu cepat bisa memicu kanker, namun tidak selalu. Harus juga dilihat bagaimana pola hidupnya, sehat atau tidak. Terutama makanan dan kebiasannya,” terang dr Said saat menjawab pertanyaan seorang ibu terkait benjolan pada payudara anaknya serta kaitannya antara hormonal dengan bau badan.
Dr Said Fuadi menghimbau para ibu-ibu khususnya yang memiliki remaja putri untuk mengerti tentang kanker payudara. “Lakukanlah pemeriksaan dini secara mandiri,” saran dr Said Fuadi.
Beliau juga meminta para ibu dan remaja putri untuk tidak perlu malu memeriksakan diri ke rumah sakit atau unit kesehatan lainnya bila merasakan hal yang tidak wajar di payudaranya.
Penyuluhan ini dilaksanakan secara rutin oleh Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien. Penyuluhan bertema kanker payudara kali ini dilaksanakan di hadapan pasien yang sedang antri menunggu pelayanan di depan loket kartu rawat jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs Kebanggaan Masyarakat Meulaboh